Wednesday, November 28, 2012

Struktur Pengendalian Intern



Struktur pengendalian komputer adalah proses yang disusun untuk menyediakan jaminan yang memadai dan berkaitan dengan pencapaian suatu tujuan, berikut ini adalah tujuan dari pengendalian intern :
- Efektifitas dan efisiensi operasi
- Keandalan pelaporan keuangan
- Pemenuhan ketentuan dan hokum yang diterapkan
Suatu pengendalian intern bisa dikatakan efektif apabila ketiga kategori tujuan perusahaan tersebut dapat dicapai, yaitu dengan kondisi :

a. Direksi dan manajemen mendapat pemahan akan arah pencapain tujuan perusahaan, dengan, meliputi pencapaian tujuan atau target perusahaan, termasuk juga kinerja, tingkat profitabilitas, dan keamanan sumberdaya (asset) perusahaan.

b. Laporan Kuangan yang dipublikasikan adalah handal dan dapat dipercaya, yang meliputi laporan segmen maupun interim.

c. Prosedur dan peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan sudah taati dan dipatuhi dengan semestinya.
Menurut (Mulyadi, 2002), dari pengertian struktur pengendalian intern tersebut terdapat beberapa konsep berikut ini:
1. Struktur pengendalian intern merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan tertentu. Struktur pengendalian intern merupakan suatu rangkaian yang bersifat pervasive dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan.
2. Struktur pengendalian intern dijalankan oleh orang dari setiap jenjang organisasi, yang mencakup dewan komisaris, manajemen dan personil lain.
3. Struktur pengendalian intern diharapkan mampu memberikan keyakinan memadai bagi manajemen dan dewan komisaris, entitas, bukan keyakinan mutlak.
4. Struktur pengendalian intern ditujukan untuk mencapai tujuan yang saling berkaitan: pelaporan keuangan, kepatuhan dan operasi.
Jadi untuk menjalankan pengendalian intern sangat dibutuhkan kebijakan yang tepat. Ini dimaksudkan agar struktur yang ada berjalan dengan baik dan tujuan dibuat dapat dijalankan dengan semestinya.

No comments:

Post a Comment