Saturday, March 24, 2012

Cerita Liburan

Libur semester ganjil Januari 2012 lalu saya pergi mengujungi saudara di Jogjakarta. Saya berada disana selama tiga hari. Saya berangkat hari Rabu pagi dengan pesawat. Saya tiba di Jogja pukul 10 pagi. Setiba disana saya langsung dijemput oleh sepupu saya menuju rumah eyang saya.
Hari pertama saya berada di Jogja saya habiskan dengan membantu sanak saudara mempersiapkan acara syukuran tujuh bulanan sepupu saya yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Saya turut membantu menyiapkan berbagai bunga untuk prosesi siraman, serta membantu memasak beberapa makanan khas Jogja seperti gudeg.
Hari kedua yaitu hari Kamis, pukul 9 pagi acara tujuh bulanan dimulai. Acara berlangsung khidmat selama seharian penuh. Semua prosesi adat diikuti oleh sepupu saya yang tengah hamil tua itu. Beruntung hari itu cuaca cerah berawan, sangat bersahabat. Setelah seharian penuh menjalani acara tujuh bulanan itu, malamnya yaitu malam Jumat saya beserta keluarga mengadakan pengajian sekeluarga, bersyukur karena acara siang tadi berlangsung lancar, sekaligus berdoa untuk kelancaran kehamilan dan persalinan sepupu saya.
Baru keesokan harinya saya diantar pergi berkeliling kota Jogja mengunjungi beberapa objek wisata. Di antaranya yaitu, Keraton Kesultanan Jogjakarta, Candi Borobudur, Kaliurang Merapi, Candi Prambanan, Sentra Kerajinan Perak, dan terakhir mengunjungi Malioboro untuk membeli beberapa oleh-oleh. Malamnya saya langsung menuju Stasiun Tugu untuk naik kereta kembali ke Jakarta.