Tuesday, March 1, 2011

tulisan "organisasi"


Organisasi
1.      Penegrtian Organisasi
organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

2.      Metode-Metode Organisasi
Metode adalah suatu cara atau tata kerja dari setiap anggota organisasi yang memajukan pekerjaan mereka, agar dapat pencapaian yang efesien dan maksimal pada organisasi. Selain peran dari organisasi, peran metode juga tidak kalah pentingnya di dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya metode dalam sebuah organisasi, maka organisasi tersebut akan lebih mudah dan teratur dalam mencapai tujuan, visi dan misi yang telah ditetapkan. Terdapat beberapa faktor yang mendukung untuk berjalannya suatu metode yang digunakan dalam sebuah organisasi, antara lain:
·         Organisasi yang baik dan pemimpin organisasi yang baik pula dalam memimpin
·         Sumber daya manusia yang berkualitas untuk melakukan kerja sama agar tercapai suatu tujuan
·         Teori organisasi yang dipakai harus sesuai dengan jenis atau bentuk organisasi yang dibentuk di dalam perusahaan tersebut.
Dengan demikian organisasi tersebut akan lebih mudah dalam mencapai tujuanya serta akan lebih terstruktur dan rapih karena memiliki metode dalam organisasi nya.
3.      Sejarah Munculnya Organisasi
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi. Di Indonesia, organisasi modern pertama kali adalah Boedi Oetomo. Pelopor pendiri organisasi tersebut adalah Dr. Wahidin Sudirohusodo, ia adalah seorang tamatan STOVIA. Boedi Oetomo organisasi yang bergerak di bidang pendidikan dan mempertahankan kebudayaan. Pada awalnya anggota Boedi Oetomo terbatas pada penduduk Jawa dan Madura, namun kemudian penduduk daerah lain pun diterima sebagai anggota. Semenjak berdirinya Boedi Oetomo, kemudian banyak oraganisasi-organisasi lain muncul dengan visi dan misi yang berbeda.

4.      Contoh Organisasi
a.       Formal
Organisasi formal memiliki suatu struktur yang terumuskan dengan baik, yang menerangkan hubungan-hubungan otoritasnya, kekuasaan, akuntabilitas dan tanggung jawabnya. Struktur yang ada juga menerangkan bagaimana bentuk saluran-saluran melalui apa komunikasi berlangsung. Kemudian menunjukkan tugas-tugas terspesifikasi bagi masing-masing anggotanya. Hierarki sasaran organisasi formal dinyatakan secara eksplisit. Status, prestise, imbalan, pangkat dan jabatan, serta prasarat lainya terurutkan dengan baik dan terkendali. Selain itu organisasi formal tahan lama dan mereka terencana dan mengingat bahwa ditekankan mereka beraturan, maka mereka relatif bersifat tidak fleksibel. Contoh organisasi formal ádalah perusahaan besar, badan-badan pemerintah, universitas-universitas Seperti BEM , PMI, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), dan lain-lain.
b.      Informal
Keanggotaan pada organisasi-organisasi informal dapat dicapai baik secara sadar maupun tidak sadar, dan kerap kali sulit untuk menentukan waktu eksak seseorang menjadi anggota organisasi tersebut. Sifat eksak hubungan antar anggota dan bahkan tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi. Contoh organisasi informal adalah pertemuan tidak resmi seperti makan malam bersama, arisan keluarga, arisan ibu-ibu pkk, dan lain-lain. Organisasi informal dapat dialihkan menjadi organisasi formal apabila hubungan didalamnya dan kegiatan yang dilakukan terstruktur dan terumuskan.

5.      Pengalaman Organisasi
Sewaktu Sma saya pernah berkecimpung dalam suatu ekskul bernama Drum Band Wiramadhaya Vijaya (DBWV). Dalam ekskul tersebut terdapat seorang ketua, general menager, bendahara, technical, section leader dan anggota. Ekskul ini mempunyai suatu misi dan visi yang tertuang dalam program kerja. Setiap tahun nya selalu dalm ekskul ini akan diadakan serah terima jabatan.

sumber: google



No comments:

Post a Comment